Kamis, 21 September 2017

Cara Daftar Internet Banking Mandiri Secara Online

Dengan adanya internet banking kini memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi secara online. Nasabah tidak harus repot-repot pergi ke atm hanya untuk melakukan cek saldo, mutasi rekening bahkan sampai transfer. Namun banyak juga para nasabah yang tidak mempunyai akun internet banking karena tidak tahu bagaimana cara mengaktifkannya. Kali ini saya akan membuat tutorial cara mengaktifkan internet banking mandiri secara online.

Yang dimaksud mengaktifkan secara online maksudnya adalah nasabah tidak harus mengurus ke kantor cabang hanya untuk mengaktifkan internet banking mandiri. Kita bisa mengaktifkannya secara mandiri dan online. Namun cara mengaktifkan internet banking mandiri secara online ada beberapa tahap yaitu daftar terlebih dahulu di atm mandiri terdekat kemudian mengaktifkannya melalui situs resmi internet banking mandiri.

Untuk mempermudah sobat yang ingin mengaktifkan internet banking mandiri, simak langkah langkahnya dibawah ini. Kamu bisa daftar internet banking mandiri sambil  membaca tutorial ini, atau bisa dibaca dulu hingga paham tahapannya baru mulai mengaktifkan internet banking mandiri.

Tata Cara Bagaimana Mengaktifkan Internet Banking Mandiri Secara Online

  1. Yang pertama harus sobat lakukan adalah pergi ke ATM mandiri terdekat.
  2. Kalau sudah di atm mandiri, silahkan masukan kartu atm dan langsung masukan pin dengan benar.
  3. Kalau sudah berhasil masuk menu ATM, sobat pilih menu Transaksi lainnya.
  4. Selanjutnya sobat pilih menu E-Banking dan lanjutkan lagi memilih menu Internet Banking.
  5. Selanjutnya sobat silahkan membuat PIN untuk internet banking dan kemudian tekan benar. Kemudian masukan PIN lagi dan tekan Benar.
  6. Jika langkah diatas sudah sobat lakukan dengan benar, di layar atm nantinya muncul pesan yang menunjukkan bahwa kamu telah sukses mendaftar internet banking via atm. Dan juga print kertas akan keluar dari mesin atm.
  7. Kertas print tersebut silahkan di ambil dan disimpan.
Setelah mendaftar internet banking mandiri via atm dan sudah mendapatkan print out, kini sobat bisa langsung mengaktifkan akun internet banking mandiri secara online. Kamu bisa melakukan pengaktifan akun lewat browser hp maupun pc asalkan terkoneksi dengan internet.
Cara Daftar Internet Banking Mandiri Secara Online
  1. Gunakan browser yang biasa sobat pakai. Kemudian buka situs internet banking mandiri www.ib.bankimandiri.co.id. 
  2. Jika sudah masuk situs IB, sobat pilih menu Pengguna Baru/Registrasi Ulang.
  3. Masuk ke halaman persyaratan. Boleh langsung saja tekan menu Setuju.
  4. Selanjutnya ke halaman baru lagi. Ada form Access ID, isi dengan 16 digit nomor yang ada pada kartu debit sobat.
  5. Selanjutnya di form Access Code sobat isi dengan PIN yang dibuat saat mendaftar internet banking via atm mandiri sebelumnya.
  6. Klik Aktifkan dan kemudian akan muncul form User ID dan Password. Di sini sobat silahkan membuat User ID dan Password sesuai kemauan. User ID dan Password ini nantinya yang akan digunakan untuk login internet banking mandiri. Silahkan sobat catat agar tidak lupa.
Dan selamat, setelah melewati dan melakukan dengan benar langkah-langkah di atas kini kamu pun sudah berhasil mengaktifkan internet banking mandiri. Kamu bisa cek saldo dan juga bisa cek mutasi rekening. Namun untuk melakukan transaksi transfer dan pembayaran sobat harus mempunyai Token PIN Mandiri. Bagaimana cara mendapatkan Token Pin Mandiri.
  1. Untuk mendapatkan token pin mandiri, sobat bisa datang ke kantor bank mandiri. 
  2. Bawa persyaratan yang dibutuhkan yaitu Buku tabungan, kartu debit dan kartu identitas.
  3. Mengisi formulir pendaftaran token pin mandiri yang sudah diberikan oleh CS sesuai dengan data sobat.
  4. Kemudian lakukan pembayaran token pin mandiri sebesar Rp 20.000 (untuk saat ini).
  5. Setelah mendapatkan pin token, sobat bisa langsung mengaktifkannya. Lakukan login ke akun internet banking mandiri.
  6. Pilih menu Administrasi dan pilih lagi menu Aktivasi Pin Token Mandiri.
  7. Tekan tombol merah yang ada di token pin, kemudian masukan pin token yang sobat inginkan.
  8. Pada layar Token Pin akan muncul pesan Apply. Untuk setuju atau Ok, sobat tekan nomor 2 dan kemudian muncul kode token sebanyak 6 angka.
  9. Masukan kode token tersebut ke dalam internet banking mandiri sobat dan klik Benar.
Selesai, kini sobat sudah bisa bertransaksi dengan fasilitas penuh  menggunakan internet banking dan Token PIN Mandiri yang selalu bisa generate pin atau token baru setiap kali transaksi dan pasti aman.

Kalau sobat bingung dalam penggunaan pin token mandiri, kamu bisa baca buku panduan yang diberikan atau bisa langsung tanya ke cs mandiri tersebut. Memang penggunaanya agak sedikit ribet, tapi transaksi menggunakan token pin mandiri memang sangat aman.

Begitulah cara daftar internet banking mandiri secara online yang bisa saya berikan dalam update blog kali ini. Jika ada yang kurang sobat pahami, silahkan bertanya pada kotak komentar. Jangan lupa untuk bagikan artikel tentang cara mengaktifkan internet banking mandiri ini dengan cara memilih menu share yang ada dibawah.

0 Komentar Cara Daftar Internet Banking Mandiri Secara Online

Posting Komentar

Back To Top